• Tim Sukses Negarawan Muda

Ini alasan kenapa harga batik pria Indonesia berbeda-beda


Batik yang ada di Indonesia mempunyai beragam jenis yang berbeda-beda. Sekadar informasi, jenis batik ini dapat digolongkan ke dalam tiga aspek. Ketiga aspek tersebut adalah jenis batik berdasarkan teknik pembuatan, jenis batik berdasarkan daerah asal, dan jenis batik berdasarkan corak. Salah satu aspek yang akan dibahas pada tulisan ini adalah jenis batik berdasarkan teknik pembuatan batik itu sendiri. Pada prinsipnya, teknologi pembuatan batik di Indonesia didasarkan pada resist dyes technique atau teknik celup rintang.

Motif dari batik pun terbilang kaya akan keunikan. Hal tersebut disebabkan banyaknya motif yang dapat diaplikasikan ke dalam batik. Biasanya, motif dari batik memiliki kecenderungan mengambil bentuk-bentuk bangunan bersejarah, flora, fauna, maupun keindahan alam di Indonesia.

Dalam hal ini, teknik pembuatan batik perlu Anda ketahui. Pasalnya, setiap jenis batik yang berbeda teknik memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Hal tersebut juga memengaruhi harga dari batik itu sendiri. Apalagi, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah disahkan PBB. Sebagai orang Indonesia, Anda sudah seharusnya mengetahui apa saja jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya. Wawasan tersebut dapat diibaratkan sebagai bukti cinta Anda kepada batik selain menggunakan batik dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, perhatikan baik-baik beberapa teknik pembuatan batik yang ada di bawah ini.

1. Batik tulis


Batik ini menggunakan tangan sebagai teknik pembuatannya. Jenis batik ini terbilang cara yang paling tradisional dalam membuat batik. Media yang digunakan juga masih menggunakan malam atau lilin dengan canting. Proses pembuatan batik tulis ini bekisar antara 2 sampai 3 bulan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan harga batik tulis terbilang mahal karena prosesnya yang panjang dan rumit.

2. Batik Cap


Selangkah lebih modern dari batik tulis, batik cap ini menggunakan cap sebagai medianya. Cap yang biasanya terbuat dari tembaga tersebut menjadi semacam cetakan motif dari batik yang akan dibuat. Dalam hal ini, cetakan motif dicelupkan ke dalam lilin atau malam. Proses pengerjaannya lebih singkat, yaitu hanya 2 sampai 3 hari saja.

3. Batik Lukis


Batik lukis ini hampir mirip dengan batik tulis. Bedanya, batik lukis tidak menggunakan canting maupun lilin. Batik lukis menerapkan teknik melukis dengan menggunakan kuas dan pewarna kain. Hasilnya pun berbeda dengan batik tulis maupun batik cap. Akan tetapi, batik lukis ini juga memakan waktu yang lama seprti batik tulis.

4. Batik Print


Batik print ini tergolong ke dalam teknik batik yang modern. Hal ini disebabkan batik print menggunakan metode printing. Dari semuanya, batik cetak ini memiliki pengerjaan yang sangat cepat. Motif yang telah didesain di komputer ini akan sangat ekonomis dari segi harga.

Ditulis oleh:



Testimonial Negarawan Muda

Saya hampir tdk pernah beli batik jadi, tapi kemarin pas coba langsung suka bgt.

Great job.

- @wishnutama

Terima kasih @sayanegarawan yang selalu membantu aku menjadi lebih pede dan karismatik dengan pilihan pilihan batik kalian.

- @giring

Mereka tahu banget apa yg harus mereka lakukan terhadap produknya dan mereka tahu banget bagaimana nyari batik yg cocok untuk calon pembelinya. [...] Jadi gue cukup merasa nyaman dan cukup merasa aman untuk beli Negarawan.

- @igamassardi

Subscribe untuk update

  • Instagram Clean Grey
  • Twitter Clean Grey