• Tim Sukses Negarawan Muda

No More 'Pak RT' Look With Batik and Tenun


Masih banyak pria enggan mengenakan batik atau tenun karena dianggap ketinggalan zaman. Jangan salah, dengan pilihan yang tepat, kain tradisional ini akan membuat penampilan menjadi elegan.


Salah memilih kemeja batik hanya akan memberi label 'Pak RT' pada penampilan Anda. Be aware! Sumber: grosirbatiksutra.com

Beberapa tahun lalu, bangsa Indonesia dibuat gempar karena kain batik yang merupakan warisan budaya diklaim negara tetangga. Setelah pantang menyerah mengajukan hak paten ke UNESCO, akhirnya ditetapkan bahwa batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Sejak itulah, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Waktu terus berjalan, namun tetap saja ada pandangan miring saat pria memakai batik dalam suatu kesempatan. Cap 'Pak RT' atau 'kondangan' (undangan) sepertinya sulit dihilangkan begitu saja saat pria mengenakan kain yang sebetulnya memiliki nilai historis tak ternilai itu.

Tak dapat dipungkiri, hal itu terjadi karena pria sepertinya asal-asalan saat memilih pakaian yang terbuat dari batik atau tenun. Padahal, jika tepat memilih, mengenakan kemeja berbahan batik atau tenun malah akan membuat penampilan terlihat mewah. Bagaimana mungkin? Anda tak perlu mengoleksi ensiklopedia mengenai batik atau tenun untuk menghafal motif-motif yang ada pada kain-kain tersebut. Jumlahnya ribuan, motifnya pun beragam.

Keep in Good Shape

Yang pertama harus Anda perhatikan saat memilih kemeja berbahan batik atau tenun adalah potongannya. Hindari mengenakan kemeja batik atau tenun dengan ukuran yang kebesaran. Inilah yang membuat seorang pria terlihat seperti 'Pak RT'. Hampir semua motif batik atau tenun yang ada mempunyai nilai kemewahannya sendiri. Jangan sampai nilai itu dirusak oleh potongan kemeja yang 'seadanya' dan terlihat 'jadul' pula. Karena batik dan tenun telah menjadi komoditas fashion yang diperhitungkan, kini banyak tersedia ragam pilihan kemeja batik dan tenun yang mempunyai potongan sesuai dengan tubuh Anda.

Perhatikan bentuk kerah dan panjangnya. Ingat, apa pun motifnya, pantang untuk memakainya dengan cara dimasukkan dalam celana. Batik dan tenun harus dibiarkan jatuh begitu saja agar motifnya dapat terlihat secara keseluruhan. Hindari juga memilih kemeja batik dan tenun yang kekecilan alias extra slim fit. Poin utamanya, saat mengenakan kemeja batik atau tenun usahakan agar potongan dan ukurannya betul-betul sesuai mengikuti bentuk tubuh Anda.


Dressed in Luxury Fabrics

Batik tetaplah batik, tenun tetaplah tenun. Perkembangan mode membuat kain batik dan tenun mengalami banyak 'perkawinan' dengan bahan-bahan lain sehingga berpadu dalam satu pakaian. Tidak salah selama dipakai untuk momen kasual. Namun untuk menghadiri acara formal, hindari memilih kemeja batik atau tenun yang dipadukan dengan bahan lain. Pilihlah kemeja yang memang menggunakan kain batik atau tenun seutuhnya, atau jika ada bahan lain, digunakan sebagai list atau pinggiran pakaian. Kemeja inilah yang akan membuat penampilan menjadi terlihat begitu mewah.

Untuk motif dan warna, Anda dapat mencari motif-motif batik atau tenun yang berukuran sedang atau kecil, bukan bergambar besar. Kain batik atau tenun dengan motif yang besar akan memecah perhatian orang yang melihat penampilan Anda, terkecuali saat mengenakannya sebagai kain bawahan dalam upacara adat atau pernikahan. Untuk warna, kain batik atau tenun berwarna pastel lebih fleksibel untuk dikenakan saat siang atau malam hari. Sementara dari segi formalitas, untuk acara malam hari kemeja batik dan tenun berwarna gelap akan lebih tepat digunakan.


Boost Your Confidence

Mengenakan setelan jas atau black ties saat menghadiri acara formal memang bagus, tapi kini memakai kemeja batik atau tenun justru menjadi nilai plus bagi seseorang. Dengan pilihan kemeja batik atau tenun yang pas, penampilan seseorang akan terlihat begitu mewah di antara pria lain yang memakai setelan jas, bahkan tuksedo. Identitas diri sebagai bangsa Indonesia akan begitu terasa saat Anda memakai pakaian berbahan batik atau tenun yang sesuai dengan tubuh Anda.

Pada dasarnya, dalam memilih pakaian, ukuran memang layak diperhatikan. Sudah lewat era di mana pria memakai pakaian dengan ukuran kebesaran, kecuali Anda seorang rapper. Begitu pula dengan kemeja batik atau tenun, saat Anda memakainya dalam ukuran, potongan, dan desain yang pas, maka label 'Pak RT' itu akan hilang dengan sendirinya. Masalah mahal, itu wajar. Kemeja yang menggunakan bahan batik atau tenun dengan kualitas terbaik tentu membutuhkan ketelitian yang tinggi. Oleh karena itulah, saat mengenakannya, jangan ada rasa malu bersanding dengan pakaian formal bergaya western. Jika Anda bertemu orang yang memahami esensi kain batik atau tenun yang dikenakan, pasti ia akan mengagumi penampilan Anda.


Ditulis oleh:



Testimonial Negarawan Muda

Saya hampir tdk pernah beli batik jadi, tapi kemarin pas coba langsung suka bgt.

Great job.

- @wishnutama

Terima kasih @sayanegarawan yang selalu membantu aku menjadi lebih pede dan karismatik dengan pilihan pilihan batik kalian.

- @giring

Mereka tahu banget apa yg harus mereka lakukan terhadap produknya dan mereka tahu banget bagaimana nyari batik yg cocok untuk calon pembelinya. [...] Jadi gue cukup merasa nyaman dan cukup merasa aman untuk beli Negarawan.

- @igamassardi

Subscribe untuk update

  • Instagram Clean Grey
  • Twitter Clean Grey