• Tim Sukses Negarawan Muda

Jangan Sakiti Batikmu!


Cara-cara agar batik tetap sehat dan bahagia.

Sebelum Anda mulai mengernyitkan dahi dan berargumen bahwa batik dan tenun pria itu tidak punya perasaan, biarlah kami menjelaskannya lebih lanjut. Batik, dengan teksturnya yang indah, akan mudah rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Tentu saja bahagia dan sehat di sini hanyalah perumpamaan, tetapi kami benar-benar tidak ingin Anda ‘menyiksa’ batik dan tenun pria kesayangan Anda.

“Gue kemarin nyoba cuci batik pakai mesin cuci, tapi jadinya malah rusak.” Ujar Rizki, yang kami yakin sebenarnya tidak jahat, hanya kurang informasi saja.

Berinisiatif itu memang baik, tetapi akan lebih baik lagi kalau dikombinasikan dengan informasi yang tepat. Biarlah kami mengatakan dengan tegas: jangan coba-coba untuk mencuci batik dengan mesin cuci!

Oke, sekarang kami akan membagi Anda ke dalam dua tim, Tim Laundry dan Tim Mandiri. Pilihlah tim yang sesuai dengan cara yang biasa Anda pilih untuk membersihkan batik. (Dua-duanya baik, kok.)


Courtesy: bestcleanersny.com

Tim Laundry:

Tips kami untuk Tim Laundry cukup simpel: pastikan bahwa tempat laundry pilihan benar-benar bisa menangani batik dan tenun pria Anda. Jangan sampai uang Anda terbuang percuma. Ada tiga tempat laundry sebagai rekomendasi: 5àsec, Martinizing Dry Cleaning, dan Super Laundry yang bisa menjadi alternatif untuk dry clean batik dengan harga sekitar 25 – 40 ribu rupiah.


Courtesy: Batiksemarang.com

Tim Mandiri:

Nah, bagi yang memilih untuk mencuci dengan tangan sendiri, kami ada sejumlah tata cara agar Anda tidak gagal dalam melakukannya. Sudah siap?

1. Pisahkan batik dari yang lain. Batik mudah luntur, jadi lebih baik pisahkan dari pakaian lain sebelum terjadi kelunturan yang tidak diinginkan.

2. Gunakan deterjen khusus. Cucilah batik dan tenun pria Anda dengan deterjen khusus batik atau buah lerak. Anda juga bisa menggunakan shampo yang sudah dilarutkan di air. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan air hangat.

3. Kucek, bukan sikat. Setelah batik direndam, kucek secara perlahan agar semua kotoran terangkat. Jangan pernah menyikat batik Anda, karena bisa merobek kain, serta merusak warna dan motif.

4. Batik tidak boleh diperas. Bukan, maksudnya bukan blackmail (ya, kami suka mencoba untuk bercanda), tetapi jangan memeras batik sebelum menjemurnya karena akan menjadikan kainnya kusut. Selain itu, jangan menjemurnya langsung di bawah matahari. Angin-anginkanlah batik Anda di tempat yang teduh.

5. Gunakan gantungan yang tebal. Agar tidak meninggalkan bekas lipatan, gantunglah batik Anda dengan gantungan berdiameter besar.

6. Jangan biarkan setrika bertemu langsung dengan batik. Jangan lupa meletakkan kain tipis di atas batik sebelum menyetrikanya.

Bagaimana, sudah cukup jelas belum? Kami harap Anda akan mempraktikannya segera, agar tidak ada korban lagi, seperti batik milik Rizki. Nah, sebelum Anda menutup halaman ini, ada dua hal yang penting juga diingat, baik untuk Tim Laundry ataupun Tim Mandiri.

  • Jangan menyemprotkan parfum langsung ke kain batik, apalagi batik sutera dengan bahan pewarna alami.

  • Agar batik tidak dilahap oleh rayap, selipkan akar wangi di dalam lemari Anda. Apabila mencari akar wangi terkesan sangat merepotkan, Anda juga bisa menggunakan merica yang dibungkus tisu. Hindari kapur barus, karena zat ini sangat keras dan bisa merusak batik.

Sekian artikel hari ini (semoga bermanfaat, ya), Negarawan Muda. Semoga batik (dan) Anda akan terus sehat dan bahagia!

Ditulis oleh:


Marsha Habib

Marsha Habib percaya bahwa salah satu cara terbaik untuk belajar adalah dengan menulis mengenai hal tersebut. Jadi kalau kalian merasa apa yang ditulisnya membingungkan, ingat saja, "Namanya juga masih belajar."


Testimonial Negarawan Muda

Saya hampir tdk pernah beli batik jadi, tapi kemarin pas coba langsung suka bgt.

Great job.

- @wishnutama

Terima kasih @sayanegarawan yang selalu membantu aku menjadi lebih pede dan karismatik dengan pilihan pilihan batik kalian.

- @giring

Mereka tahu banget apa yg harus mereka lakukan terhadap produknya dan mereka tahu banget bagaimana nyari batik yg cocok untuk calon pembelinya. [...] Jadi gue cukup merasa nyaman dan cukup merasa aman untuk beli Negarawan.

- @igamassardi

Subscribe untuk update

  • Instagram Clean Grey
  • Twitter Clean Grey